Beranda | Artikel
Adab Bersin dan Menguap
Selasa, 16 Februari 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Adab Bersin dan Menguap adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 4 Rajab 1442 H / 16 Februari 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Adab Bersin dan Menguap

Pada bab yang ke-142 Al-Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala membawakan sejumlah hadits-hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang berkaitan dengan dianjurkannya seseorang untuk mengucapkan يَرْحَمُكَ اللهُ kepada seorang yang bersin dan dia mengucapkan الحَمْدُ للهِ. Kemudian dimakruhkannya mengucapkan يَرْحَمُكَ اللهُ  terhadap orang yang bersin apabila dia tidak mengucapkan الحَمْدُ للهِ. Juga disebutkan di sini bab tentang beberapa keterangan adab-adab bagi orang mendengar saudaranya bersin, demikian pula yang berkaitan dengan menguap ketika seseorang mengantuk.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إنَّ الله يُحِبُّ العطاسَ، وَيَكْرَهُ التَّثاؤُبَ، فَإذَا عَطس أحَدُكُم وَحَمِدَ الله تَعَالَى كانَ حقًّا عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سمعهُ أنْ يَقُولَ لَهُ: يَرْحَمُكَ اللهُ، وأمَّا التَّثاؤُب فَإنَّمَا هُوَ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإذَا تَثَاءَبَ أحَدُكُمْ فليَردّهُ مَا اسْتَطَاعَ، فَإنَّ أحَدَكُمْ إِذَا تَثَاءَبَ ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ

“Sesungguhnya Allah menyukai terhadap orang yang bersin dan Allah benci kepada menguap. Maka apabila seseorang di antara kalian bersin dan memuji Allah (mengucapkan Alhamdulillah), maka merupakan hak bagi setiap muslim yang mendengar itu mengucapkan: Yarhamukallah. Adapun menguap adalah dari setan. Maka apabila seseorang di antara kalian menguap, hendaknya dia menolak semampunya, karena sesungguhnya salah seorang di antara kalian apabila menguap, maka setan mentertawakannya.” (HR. Bukhari)

Hadits ini menjelaskan kepada kita salah satu di antara adab-adab yang diajarkan oleh Islam. Oleh karena itu kita tidak boleh meremehkan tentang adab ini. Islam mengajarkan kita berbagai macam adab, bahkan seorang ketika dia di kamar mandi untuk buang air, cara duduknya pun sudah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Maka Islam adalah agama yang sempurna. Dari permasalahan yang terpenting/terbesar (aqidah) sampai permasalahan yang terkecil, semua telah disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Maka mari kita masukkan dalam Islam ini secara kaffah (menyeluruh), jangan memilah-milih. Yang sesuai dan menguntungkan hawa nafsunya, maka itu yang diambil, dijadikan pegangan dan didakwahkan kepada manusia. Tetapi kalau hal yang akan memojokkan, merugikan dan menimpa dirinya, maka dia menghindar dari hal tersebut. Na’udzubillah.

Dalam hadits ini dikabarkan bahwa Allah mencintai bersin. Hal ini karena orang yang bersin akan memuji dan bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkap hadits ini? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49822-adab-bersin-dan-menguap/